Friday, February 8, 2008

Sunan Kalijaga, Mistik dan Makrifat

http://tokobukusobari.blogsome.com/2007/08/05/judul-sunan-kalijaga-mistik-dan-makrifat-2/

Karya : Achmad Chodjim
Harga : Rp.39.900,- (SC)
Harga : Rp.49.900,- (HC)
Penerbit : Serambi

Sunan Kalijaga, Alias Raden Syahid. Seorang putra Tumenggung. Tetapi, alih-alih mewarisi kekuasaan dari ayahnya, dia justru memilih menjadi pegiat spiritual Islam di Tanah Jawa. Oleh Dewan Wali Sanga, dia kemudian diangkat sebagai salah satu anggotanya untuk menggantikan Syekh Subakir yang kembali ke Persia. Namanya akrab di telinga Islam Jawa. Dan, nyatanya dialah satu-satu wali yang bisa diterima oleh berbagai pihak, baik oleh mutihan maupun abangan, santri maupun awam.

Buku ini tidak bertutur kata tentang kisah Sunan Kalijaga. Meski kisahnya banyak diketahui orang, tapi tak banyak orang yang tahu tentang ajaran yang dibawanya.yang dikemukakan dalm tulisan ini adalah kupasan tentang ajaran dan kearifannya.

Rumeksa ing Wengi. Sebuah doa susunan Sunan dalam bahasa Jawa yang masih diamalkan oleh orang-orang Islam di Nusantara.

Gerebeg Mulud dan Sekaten. Dua institusi spiritual yang dimanfaatkan Sunan untuk melakukan dakwah dengan pendekatan budaya.

Sedulur papat kelima pancer
. Saudara empat yang pusatnya adalah Diri manusia. Itulah ajaran makrifat Islam. Keimanan tidak dipandang sebagai kepercayaan belaka, tapi sistem perilaku untuk membangkitkan Sang Pribadi. Agar dapat kembali dengan sempurna ke Hadirat-Nya.

No comments: